Pelangi: Berbeda, tetapi Padu

Apa yang terbersit dalam benak Anda saat mendengar kata “pelangi”? Lengkungan (busur) cahaya warna-warni yang muncul setelah hujan atau bisa juga terlihat di sekitar air terjun yang deras. Ada warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kira-kira, mungkin seperti itulah deskripsi sederhana dari pelangi.

Ada sesuatu yang unik ketika saya melihat pelangi. Warna pelangi yang berbeda-beda. Itulah yang menjadikan pelangi begitu indah. Dan mata kita tidak pernah “protes” dengan perbedaan warna-warna tersebut. Justru, malah termanjakan dengan harmoni warna-warna tersebut. Coba kita bayangkan sejenak, apa jadinya jika pelangi hanya memiliki satu warna saja? Hmmm, sungguh tidak menarik, bukan?

Lalu, mengapa kita terkadang “protes” dengan perbedaan-perbedaan yang ada di sekitar kita? Bukankah perbedaan merupakan rahmat? Allah menciptakan manusia berbeda satu dengan yang lainnya, baik dari segi fisik, kemampuan, sifat, dan lain-lain. Tidak ada yang sama persis, walaupun terlahir kembar. Harus ada yang miskin dan kaya, juga hitam dan putih. Karena perbedaan-perbedaan itulah manusia menjadi saling melengkapi.

Seharusnya, kita bercermin kepada pelangi, yang bisa harmoni dengan segala perbedaannya. Walau berbeda, tetapi padu. Setiap warna memiliki peran tersendiri yang membuat pelangi begitu indah dinikmati.

Oleh karena itulah, saya menjadikan pelangi sebagai simbol yang mewakili persahabatan, persaudaraan (ukhuwah), dan persatuan. Apakah Anda memiliki simbol persahabatan, persaudaraan, dan persatuan yang lain?

Advertisements

25 thoughts on “Pelangi: Berbeda, tetapi Padu

  1. suka kata-kata “Karena perbedaan-perbedaan itulah manusia menjadi saling melengkapi.”

    ah…gatau mau nulis apa lagi… hehehe

  2. [xquote]Seharusnya, kita bercermin kepada pelangi, yang bisa harmoni dengan segala perbedaannya. Walau berbeda, tetapi padu. Setiap warna memiliki peran tersendiri yang membuat pelangi begitu indah dinikmati.
    [/xquote]

    indah bangetsssssssss.. xixixi

  3. wew..
    maaf ane ya Bu Icha, gara2 Nickname ane,jadi pada OOT postingan nya.. TT
    mungkin lain waktu ane musti pake Id Klonengan yang baru biar ga rusuh lg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s