Jerawat Membandel Bikin Kesel…!!!

Apakah Anda termasuk orang yang sering jerawatan? Jika ya, Anda senasib dengan saya :(. Kadang, mood akan menjadi jelek sekali jika jerawat itu datang pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Bayangkan saja, jika dalam waktu dekat akan ada acara spesial, eh tiba-tiba jerawat nongol tepat di atas hidung. Hmmm, segala upaya pun dilakukan agar jerawat itu bisa segera hilang.

Tapi, tahukah Anda, sering kali justru Anda sendiri lah yang membuat jerawat yang muncul tidak sembuh-sembuh. Lho, kok? Ya, perlakuan yang tidak tepat dapat membuat jerawat semakin betah nangkring di muka Anda. Bahkan, bisa menjadi infeksi. Jadi, supaya jerawat cepat sembuh, perlakukanlah jerawat dengan baik :D.

Berikut ini tips-nya:

  1. Jangan iseng memegang jerawat, apalagi “dioprek”. Memang, jerawat itu sangat menggemaskan (baca: menjengkelkan) sehingga membuat tangan menjadi geregetan untuk “memainkannya”. Mulai dari dipegang, sampai dipencet-pencet. Ingat, tangan adalah sumber kuman. Sehingga jerawat yang sering dipegang, dapat menjadi infeksi dan tidak sembuh-sembuh.
  2. Jangan memencet jerawat. Biarkan jerawat mengecil dan kempes, ataupun pecah dengan sendirinya.
  3. Bersihkan muka secara teratur, minimal 2 kali sehari (pagi dan malam). Gunakan produk khusus untuk kulit berjerawat atau berminyak.
  4. Jangan me-massage terlalu lama dan keras pada saat membersihkan muka dengan sabun muka atau pun susu pembersih. Hal tersebut akan merangsang kelenjar minyak berproduksi lebih banyak.
  5. Selama kulit berjerawat, sebaiknya tidak memakai kosmetik apa pun, kecuali pembersih muka, obat jerawat dan bedak tabur. Akan tetapi jika kulit terasa kering, Anda dapat memakai pelembab dengan melewati daerah yang berjerawat. Jadi, jerawatnya tidak terkena pelembab.
  6. Pada saat Anda merasa wajah Anda kotor atau berkeringat, jangan menggosok-gosoknya dengan tisu atau pun sapu tangan. Karena kotoran di wajah malah akan masuk ke dalam pori-pori. Sebaiknya, Anda sering-sering mencuci muka, kemudian mengelapnya dengan tisu atau handuk bersih.
  7. Kurangi makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, yaitu makanan berlemak. Perbanyaklah makan sayur dan buah.
  8. Banyak minum air putih.
  9. Konsumsi vitamin C dengan teratur.

Selamat mencoba, semoga tips ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s