Labu Kuning: Banyak Juga Khasiatnya

Baru saja baca-baca artikel ini dan ini tentang labu kuning. Menarik juga. Terlebih, saya baru saja nyoba-nyoba resep cemilan dari labu kuning. Kue talam labu kuning, rasanya sangat tradisional dan enak banget, love it. Tapi, sebelum saya share resep talam labu kuningnya, saya ingin berbagi info khasiat buah yang menjadi simbol halloween ini, ya ;).

Kita kenalan dulu yuk, sama buah yang nama kerennya pumpkin ini. Bagi Anda belum tahu bagaimana bentuk labu kuning, tengok deh gambar sebelah kanan. Nah, itu dia yang namanya labu kuning 😆 . Bentuknya bisa macem-macem. Ada yang pipih (seperti yang di gambar), bulat, atau lonjong.

Rasa buah ini mirip ubi jalar, tapi teksturnya sedikit berbeda. Buah labu kuning lebih berair sehingga teksturnya akan terasa lebih ringan dibandingkan ubi jalar yang cukup padat. Akan tetapi, kalau dilihat dari segi bentuk, mereka ibarat langit dan bumi. Jika keduanya bersanding, ubi jalar akan terlihat jauh lebih imut. Rata-rata berat sebuah labu kuning 3-5 kg, ada juga lho yang sampai 20 kg.

Lalu, kandungan apa saja sih yang terdapat di dalam buah ini? Dan apa khasiatnya bagi tubuh kita?

  • Karotenoid alami. Karotenoid adalah salah satu jenis fito-kimia yang berkhasiat sebagai antioksidan. Sebagian besar karotenoid-nya berbentuk beta karoten, yaitu pigmen warna kuning-oranye. Setelah dicerna tubuh, beta karoten dapat berubah menjadi vitamin A yang berkhasiat untuk kesehatan mata, kulit, kekebalan tubuh, juga reproduksi. Selain itu, antioksidan dapat mencegah penyakit kanker dan jantung (yang merupakan “penyebab” kematian nomor 1 di dunia 👿 ).
  • Vitamin C yang berperan dalam menjaga metabolisme tubuh, kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan.
  • Zat besi yang berperan dalam produksi hemoglobin dan menyokong sistem kekebalan tubuh.
  • Kalium yang mengatur keseimbangan elektrolit tubuh.
  • Kaya serat yang dapat mengurangi sembelit (a.k.a susah BAB).
  • Rendah lemak, jadinya aman deh buat Anda yang takut gemuk atau takut bertambah gemuk :D.

Ternyata, buah halloween ini kaya akan gizi dan khasiat juga, ya. Selain itu, buah ini pun awet lho, bisa bertahan sampai 6 bulan. Pantas saja, sudah berbulan-bulan buah ini nangkring di dapur saya, belum juga busuk tuh. Akan tetapi, itu hanya berlaku pada labu kuning yang masih utuh. Buah yang sudah dibelah harus segera diolah karena tidak akan bisa bertahan lama lagi.

Btw, labu kuning ini bisa dibuat apa saja sih? Hmmm, cukup banyak makanan yang bisa dibuat dari buah ini. Di antaranya, kolak, keripik, bubur Manado, sayur bayam ala Sulawesi Selatan, dawet, lepet, jenang, dodol, dan yang baru saja saya buat adalah kue talam (klik di sini untuk melihat resepnya). Selain diambil buahnya, biji labu kuning dapat dibuat kuaci.

Bagaimana, apakah Anda tertarik berkreasi dengan buah yang kaya khasiat ini? Beri tahu saya ya, kalau Anda mempunyai kreasi masakan dari buah ini :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s