Speedy: Kok, Ngadat Terus??

Ichaaaa, internetnya matiiii…!!! Teriakan itu yang setiap hari saya dengar ketika kakak saya yang sedang asyik jalan-jalan di dunia maya. Ya jelas saja internetnya mati, wong lampu ADSL nya mati. Buru-buru deh, 147 pun dihubungi.

“Telkom speedy, bisa dibantu?” Kalimat itu yang pertama kali didengar dari mas-mas atau mba-mba di seberang sana. Berlanjut dengan menanyakan keluhan, lampu modem apa saja yang menyala, dan meminta nomor speedy-nya. Kemudian, mas atau mba itu berkata, “sebentar kami cek dulu, coba matikan modemnya, sekarang nyalakan lagi”. Dan secara ajaib, lampu ADSL pun mulai menyala. Awalnya cuma kedip-kedip, kemudian menjadi stabil, dan dilanjutkan dengan menyalanya lampu internet. Masalah pun selesai.

Selalu begitu kejadiannya. Dan itu terjadi tidak hanya 1 minggu 1x, tapi SETIAP HARI saudara-saudara. Bahkan bisa berkali-kali dalam sehari, sigh. Sampai bosan rasanya menelepon nomor keramat itu.

Pada suatu hari, kesabaran saya sudah hampir habis (lho, kok bisa ya? padahal kan yang namanya sabar itu tidak pernah habis :D). Saya pun mengeluhkan masalah tersebut ke mas-mas itu (kebetulan yang melayani saya saat itu mas-mas). “Speedy saya suka mati-mati, saya dalam sehari bisa berkali-kali menelepon ke sini”. Seperti biasa, mas-mas itu bilang, “sebentar saya cek dulu”. Tapi tidak seperti biasanya, sebelum mas-mas itu meminta mematikan modemnya, ternyata lampu ADSL nya sudah menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Lalu saya bilang ke mas-mas nya, “udah nyala lagi mas”. “Oh, udah nyala lagi ya bu” (hadoooh, dipanggil ibu???). “Padahal belum saya apa-apakan, lho”, katanya.

Aneh juga, kenapa lampu ADSL nya bisa nyala lagi setiap menelepon ke sana. Kemarin-kemarin malahan line telepon itu sibuk terus. Tapi, walaupun tidak diangkat oleh 147, lampu ADSL nya bisa nyala lagi. Jangan-jangan, selama ini pun sebenarnya 147 tidak melakukan sesuatu yang signifikan dalam memperbaiki koneksi internet. Hanya mengeceknya, kemudian setelah saya melaporkan internetnya nyala lagi, selesai deh masalah.

Kemudian, saya mencoba beberapa cara baru. Setiap speedy ngadat, saya coba misscall ke telepon rumah menggunakan hape. Ternyata eh ternyata, tidak lama kemudian lampu ADSL sudah menyala lagi. Kemudian, saya coba memakai telepon rumah saat speedy ngadat. Hasilnya pun positif. Nah, berarti sekarang kalau internetnya ngadat, pancing saja koneksinya dengan mengaktifkan telepon rumah. Tapi, lama-lama bosan juga. Harus bolak-balik misscall atau pakai telepon, terus ngecek lamupu ADSL nya sudah nyala atau belum. Padahal, saya nge-net nya di kamar atas, sementara modem ada di bawah.

Tiba-tiba saja sebuah ide terbersit. Dari pada bolak-balik kayak gini, mending telepon rumahnya diangkat terus saja, diletakkin begitu saja di atas meja. Ternyata, cara ini cukup ampuh (terkecuali kalau gangguannya memang dari sananya). Cuma, masalah baru pun muncul. Orang-orang yang berusaha menghubungi lewat telepon rumah menjadi sulit masuk (LOL).

Saya tidak tahu apakah masalah gangguan speedy yang sering saya alami ini karena memang pengaruh lokasi rumah saya, di mana koneksi speedy di sini kurang bagus. Ataukah pengaruh telepon rumah saya yang kurang bagus? Memang beberapa waktu lalu (sebelum memasang speedy), telepon rumah yang lama rusak, akhirnya diganti dengan telepon yang sangat “sederhana” :D. Ataukah dipengaruhi panjang kabel jaringan yang menghubungkan modem ke laptop? Saya menggunakan kabel sepanjang 25 meter. Ada yang tahu jawabannya? Lho, kok malah nanya ya. Bukan ngasih solusi :D.

Walaupun sering ngadat dan sempat menjuluki produk internet ini dengan speedol (a.k.a speedy dodol), tapi kalau dalam speed, menurut saya sudah cukup untuk pemakaian rumahan. Speed yang saya dapatkan cenderung stabil, berkisar 300an kbps. Bahkan sering mendekati 400 kbps. Kalaupun kurang dari 300 kbps, tidak terlalu jauh kurangnya. Saya selalu mengecek speed nya di sini.

Nah, hasil pengukuran speed saya sekarang adalah ini.

Saya tidak tahu apakah web yang saya pakai untuk mengetes speed ini cukup akurat. Katanya sih, ada tempat lain buat speed test yang lebih akurat, yaitu di sini.

Nah, apakah Anda mempunyai masalah yang sama dengan speedy saya? Ditunggu sharing-an nya, ya.

 

Update (13 November 2016)

Kini, Speedy telah beralih menjadi IndiHome. Dengan menggunakan kabel optik, koneksi internet pun semakin stabil. Sudah sangat jarang terkena ganggunan dan tetap bertahan walau ada hujan petir. Ingin tahu cerita saya bersama IndiHome? Klik saja di sini.

Advertisements

8 thoughts on “Speedy: Kok, Ngadat Terus??

  1. hihihi..sama persis kejadiannya..runtutannya jg..dan sama2 mengalami “Orang-orang yang berusaha menghubungi lewat telepon rumah menjadi sulit masuk”. hahahaha….

    karena bosen, jdnya lgs buat pengaduan ke telkom. mpe berkali2. kayanya bpknya jg dah bosen dtg k rmh hehe. yg terakhir dignti kabelnya sama yg lebih pendek. jd skg jarak modem-tlp-kompi deketan. alhmdlh dah ga kmbuh lg, kecuali kalo hujan.

    • ahahah, ternyata kita mengalami hal yg sama. hmm, aku mah ga smp bikin pengaduan ky gitu, abisnya udah keburu bosen. jadi g pernah nelp2 lg ke nomor keramat itu.
      waduh, kalo kabelnya kudu dipendekin, repot jg ya. secara telp ada d bwh, aku ngenet di atas. kecuali kalo kabel yg ngehubungin modem sm telp dipanjangin, jd modem bisa hijrah ke atas, di deket kompi. tp, kata teknisinya repot cnah kalo hrs manjangin kabel tlp-modem. dan takutnya masalah br muncul krn kabel telp-modem nya jd panjang. sigh…biarlah apa adanya aja deh…hihi

  2. saya juga sama persis ngalamin kek gitu. masalah selesai setelah minta penggantian kabel telpon dari tiang kerumah. biasanya kabel telpon dari tiang sudah mengalami korosi jadi kalo terjadi perubahan cuaca atau lonjakan arus listrik diluar kabel maka akan terjadi RTO (request time out).

    • iya, betul sekali. beberapa waktu lalu, telepon rumah saya sempat mati total. setelah kabel tiangnya dibetulkan, speedy nya jadi lancar. walaupun sekali2 masih saja ada gangguan, tp tidak seheboh dulu hehe… ternyata, itu toh masalahnya 😀
      makasih bnyk udah mampir ksini…

  3. aku sebelumnya juga pernah ngalami hal yg sama kayak telpon dan internet mati. jadi aku prediksi karena kabelnya kena tali layang-layang jadi akses keduanya terganggu.

    • iya, ternyata memang betul begitu, mas dmitri. beberapa waktu lalu telp dan inet saya sempat mati total. pas udah dibetulkan, inet nya jadi ga pernah ngadat lagi…:-D

    • iya mas agus, kalo speedy ngadat emang suka bikin pusing. bnyk faktor sih, yg bikin dia ngadat. misalnya (pengalaman saya): splitter nya rusak; modem kena petir; telp mati gara2 kabel kena layangan, jd speedy nya otomatis ngadat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s