Cara Menyisipkan Equation di WordPress

Untuk para matematika’ers yang kesulitan membuat equation di wordpress, saya akan sharing bagaimana cara membuatnya. Jangan sampai postingan Anda yang ada equation-nya itu tidak jadi dipublish. Sayang sekali, kan?

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat equation di wordpress. Tapi, yang akan saya share adalah cara dengan menggunakan online latex. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masuk terlebih dahulu ke website http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php.
  2. Anda akan menemui halaman seperti ini.
  3. Silakan coba satu per satu tools yang tersedia di sana.
  4. Misalnya, Anda akan membuat pecahan . Klik terlebih dahulu toolbar pecahan, kemudian perhatikan kotak berwarna kuning. Akan terdapat tulisan \frac{}{}. Isikan angka 3 dan 4 pada kedua kurung kurawal, sehingga menjadi  \frac{3}{4}. Di bawah kotak kuning tadi (akan berubah menjadi putih jika kotak tidak diaktifkan) akan muncul tampilan equation nya. 
  5. Anda dapat memilih jenis dan ukuran font equation, silakan pilih di sini.
  6. Setelah Anda memastikan equation yang dibuat telah benar, klik “Click here to Download Image (GIF)”.
  7. Kemudian, masukkan equation yang sudah dalam bentuk image tersebut pada tulisan Anda.

Bagaimana, mudah bukan? Pada prinsipnya, equation yang telah dibuat, di-download sehingga akan didapatkan file image dengan ekstensi gif. Kemudian, image tersebut disisipkan di halaman postingan seperti menyisipkan image biasa. Memang sedikit ribet dan hasilnya tidak sebagus ketika membuat equation di Word :D. Tetapi menurut saya sih, cukup lumayan.

Selamat mencoba, ditunggu masukannya, ya. Oiya, 1 hal yang masih mengganjal, saya tidak tahu bagaimana cara agar equation yang disisipkan di sela-sela kalimat bisa agak ke bawah sedikit (lihat poin no. 4). Anyone? Kalau ada yang tahu, tolong di-share, ya ;).

Jika cara ini masih cukup ribet untuk Anda, ada cara lain untuk menyisipkan equation yang telah dibuat pada online latex di halaman wordpress ini.  Silakan baca Cara Menyisipkan Equation di WordPress (Session 2).

Advertisements

5 thoughts on “Cara Menyisipkan Equation di WordPress

  1. sangkyu..mantep gan infonya (kya di kaskus ajah). redaksinya keren kya buku penerbit mana gituh, kalah website2 gede juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s