Cara Menyisipkan Equation di WordPress (Session 2)

Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya. Silakan baca terlebih dahulu Cara Menyisipkan Equation di WordPress.

Pada postingan tersebut, di-share bagaimana cara menyisipkan equation di halaman wordpress. Pada prinsipnya, equation dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan online latex. Kemudian, setelah equation di-download dan menjadi file image, disisipkan ke halaman postingan Anda.

Bagi Anda yang menginginkan cara yang lebih praktis, ada cara lain untuk menyisipkan equation tersebut. Dengan cara copas kode HTML equation tersebut. Masih bingung caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk terlebih dahulu ke website http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php.
  2. Anda akan menemui halaman seperti ini.
  3. Silakan manfaatkan tools yang tersedia di sana.
  4. Misalnya, Anda akan membuat equation integral ini.Arahkan terlebih dahulu kursor ke toolbar integral, kemudian pilih bentuk integral yang sesuai, lalu klik. Setelah itu, perhatikan kotak berwarna kuning. Akan terdapat kode tulisan \int_{}^{}. Isikan bilangan batas-batas integralnya (untuk kasus ini, 0 dan 10) pada kurung kurawal, sehingga menjadi  \int_{0}{10}.
  5. Itu baru menuliskan integralnya saja, silakan lanjutkan pembuatan equationnya. Kode tulisan lengkap untuk equation integral tersebut akan menjadi \int_{0}^{10}x^{3}dx.
  6. Di bawah kotak kuning tadi (akan berubah menjadi putih jika kotak tidak diaktifkan) akan muncul tampilan equation nya. 
  7. Anda dapat memilih jenis dan ukuran font equation, silakan pilih di sini.
  8. Pastikan equation yang Anda buat telah benar. Kemudian lihat kode HTML yang terdapat pada halaman bawah.
  9. Copy kode tersebut, kemudian masuklah ke tampilan HTML postingan Anda (lihat tulisan HTML di kanan atas). Cari bagian yang akan Anda sisipi equation, kemudian paste-kan kode tadi di sana. Masuk lagi ke tampilan visual. Periksa, apakah equation tersebut sudah benar letaknya.

Selesai deh. Cara mana yang lebih Anda suka? Selamat mencoba, ditunggu komennya, ya :-D.

Advertisements

2 thoughts on “Cara Menyisipkan Equation di WordPress (Session 2)

    • mas afit, kalo ga mau pake latex, bisa pake equation yg ada di word atau kalo punya bisa juga pake software math type. equation yg udah dibuat, di print screen trs dipaste di photoshop, atau lebih gampang lagi kalo pake snagit. intinya, equation dibuat dalam bentuk image dulu. semoga membantu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s