resep bolen pisang

Bolen Pisang Mini: Praktis, Renyah, dan Enak

Siapa yang tak kenal bolen pisang? Kuliner khas Bandung yang ngetop ini begitu diminati karena rasanya yang enak dan legit. Bahkan, menjadi ikon salah satu toko kue yang namanya mirip dengan nama teman saya.

Apakah Anda pernah terpikir untuk membuat si manis legit ini di dapur Anda sendiri? Aduh, kan ribet harus nguleni adonan kulitnya.

Eits, siapa bilang bikin bolen pisang itu harus pake repot segala? Adonan kulitnya tinggal pakai puff pastry siap pakai saja. Tinggal potong-potong, lipat-lipat, panggang, jadi deh.

Adonan puff pastry ini dapat dibeli di supermarket atau toko bahan kue. Biasanya, dia sukaΒ  nangkring cantik di tempat beku-bekuan. Nah, tinggal cari deh kemasan yang bertuliskan Puff Pastry.

adonan puff pastry siap pakai
Adonan puff pastri siap pakai.

Ada beberapa merek puff pastry yang pernah saya coba. Namun, saya paling suka puff pastry yang kemasannya seperti terlihat di foto. Dan memang kebetulan juga, merek inilah yang selalu setia nangkring di swalayan dekat rumah saya.

Adonan puff pastry ini harus disimpan di dalam freezer, ya. Jadi, sebelum digunakan harus dilunakkan terlebih dahulu sekitar 30 menit atau hingga cukup lunak untuk dibentangkan. Lalu, potong-potong deh, sesuai keperluan.

Adonan yang sedang ngantre untuk dibentuk harus ditutup plastik agar tidak kering. Jika sudah telanjur kering, adonan dapat dibasahi dengan sedikit air agar kembali lentur.

Saya hampir selalu menyetok adonan ini di freezer. Jadi, pada saat males masak tapi lagi kepengen cemal-cemil, tinggal keluarkan saja deh puff pastry-nya dari freezer. Lalu, kreasikan menjadi berbagai camilan praktis yang yummy.

Dengan berbekal selembar adonan ini, kita dapat membuat puluhan camilan yang endes, lho. Misalnya saja di buku resep lawas saya berikut. Terdapat belasan kreasi puff pastry yang praktis (plus resep cara membuat adonan puff pastry). Dan jika Anda googling dengan kata kunci puff pastry, akan ditemui puluhan ide kreasi lainnya.

buku resep puff pastry

Kembali lagi ke bolen pisang. Setelah menyiapkan adonan puff pastry, selanjutnya adalah menyiapkan isiannya. Pisang yang paling enak untuk dibuat bolen adalah pisang raja yang sudah benar-benar matang. Cirinya adalah kulit pisang sudah berbintik hitam dan pisang sudah terlepas sendiri dari tandannya.

Selain pisang, Anda dapat berkreasi dengan bahan lain untuk isian bolen ini. Misalnya, mengkombinasikannya dengan cokelat atau keju. Namun, hanya menggunakan pisang saja sudah enak, kok.

Untuk bolen pisang keju, saya paling suka menggunakan keju spreadable. Agar kejunya tetap lembut pada saat dimakan setelah dingin. Paling enak sih, dimakan hangat-hangat. Kulitnya crunchy, namun dalamnya lembut dan meleleh di mulut. Nyam nyam nyam…

Untuk bolen pisang cokelat, gunakan cokelat dengan kualitas baik. Biasanya, saya menggunakan cokelat stik agar praktis. Jadi, tidak perlu repot memotong-potong, tinggal patahkan saja menjadi 2 bagian. Selain itu, cokelat stik yang saya gunakan pun berjenis couverture yang bittersweet. Jadi, rasanya nyokelat bangeeett. Hmmm…

resep bolen pisang keju

Bolen pisang yang saya buat pada resep ini bentuknya imut-imut. Adonan puff pastry yang digunakan cukup sebesar sekitar 7,5 cm x 7,5 cm. Isiannya pun hanya menggunakan 1/3 potongan pisang.

Jika Anda menginginkan bolen pisang yang berukuran lebih besar, tinggal potong-potong saja adonan puff pastry-nya menjadi lebih besar. Kemudian, isiannya menggunakan 1/2 potongan pisang.

Oke deh, langsung saja diintip yuk resep lengkap bolen pisang mini ala saya ini. Happy baking!


Resep Bolen Pisang Mini

cara membuat pisang molenBahan:

Puff pastry siap pakai

Filling

  • Pisang raja matang, dipotong menjadi 3 bagian
  • Keju spreadable
  • Cokelat stik, dipotong menjadi 2 bagian (dapat diganti cokelat chips atau irisan cokelat masak)

Topping

  • Kuning telur, dicampur dengan sedikit minyak
  • Keju cheddar parut
  • Cokelat meises

Cara membuat:

  1. Keluarkan adonan puff pastry dari freezer. Diamkan dalam suhu ruang selama sekitar 30 menit atau hingga cukup lunak untuk dibentangkan.
  2. Potong-potong adonan sebesar kira-kira 7,5 cm x 7,5 cm atau disesuaikan saja dengan besarnya isian.
  3. Pipihkan bagian pinggir dan ujung adonan.
  4. Ambil 1 potong pisang raja, belah 2, letakkan di atas adonan puff pastry. Beri potongan cokelat stik atau keju spreadable secukupnya di antara potongan pisang.

cara membuat bolen pisang

  1. Lipat adonan seperti amplop. Pastikan adonan tidak bocor. Adonan dapat dilem dengan menggunakan sedikit air jika perlu.
  2. Letakkan adonan yang telah diberi isian di atas loyang yang dialasi kertas roti. Beri jarak antar-adonan sedikit saja.
  3. Olesi adonan dengan kuning telur, lalu taburi dengan cokelat meises atau parutan keju cheddar (sesuai dengan isiannya).
  4. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 180Β°C atau api sedang hingga terlihat mengembang. Lalu turunkan suhu menjadi 160ΒΊC atau api sedang cenderung kecil hingga bolen berwarna kecokelatan. Lamanya pemanggangan tergantung oven yang digunakan. Oven tungku saya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk memanggang adonan bolen ini.
  5. Angkat bolen yang telah matang, potong-potong sesuai bentuknya, lalu segera keluarkan dari loyang.

Bolen pisang pun siap dinikmati. Paling enak dimakan selagi masih hangat. Agar kulitnya masih terasa crunchy dan filling-nya melting di mulut. Jika ingin disimpan untuk disantap keesokan hari, dinginkan terlebih dahulu, lalu simpan dalam wadah tertutup. Selamat mencoba.


Ingin resep camilan berbahan pisang lainnya? Cake Pisang Berbintik ini wajib dicoba. Cara membuatnya gampang banget dan anti gagal. Dan pastinya, cake ini enak, legit, dan aromanya haruuum, deh.

#1minggu1cerita

Advertisements

6 thoughts on “Bolen Pisang Mini: Praktis, Renyah, dan Enak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s