resep blueberry pound cake

Blueberry Jam Pound Cake, Bolu Klasik Anti Gagal

 

Yeaaayy…. Akhirnya, berkat bergabung dengan komunitas 1 Minggu 1 Cerita, blog yang sempat menjadi sebatang kara ini dipertemukan kembali dengan induknya.

Kali ini, saya ingin berbagi resep kue bolu yang dikombinasikan dengan selai blueberry. Bahasa kerennya sih, Blueberry Jam Pound Cake.

Ceritanya, ini dalam rangka meng-eksekusi selai blueberry sisa membuat kue Idul Fitri kemarin. Iya, Idul Fitri. Bukan Idul Adha lho, ya. Udah lama bener, kan? Jadi, buru-buru deh dieksekusi, sebelum terancam terlupakan.

Sebenarnya, rasa kue klasik ini tidaklah istimewa. Namun, karena dalam pembuatannya digunakan campuran margarin dan butter, jadi rasanya lebih gurih daripada kue bolu biasa. Jika adonan ini diberi parutan keju, tentu akan lebih nendang lagi gurihnya.

Selain itu, peran selai blueberry pun cukup berjasa dalam menghasilkan cita rasa yang aduhai. Kue bolu ini menjadi lebih kaya rasa dan tentunya segar.

resep kue bolu praktis

Ciri khas pembuatan pound cake adalah pada saat pengocokan adonannya. Margarin atau mentega dikocok bersama dengan gula hingga mengembang. Selanjutnya, masukkan bahan lainnya secara bertahap.

Walaupun tanpa pengembang, dijamin deh hasilnya nggak bakalan bantet. Menurut saya, kue ini termasuk yang anti gagal. Cocok sekali bagi Anda yang masih lugu dalam dunia baking.

Kue yang dihasilkan akan terasa cukup rich, padat, dan mengenyangkan. Sementara, teksturnya akan beremah dan mungkin sedikit “kering”.

Agar lebih moist, biasanya saya menyimpan wadah berisi air mendidih ke dalam oven pada saat pemanggangan adonan (lihat foto pada resep). Anda pun dapat memanggangnya dengan teknik au bain marie atau waterbath.

Oke, nggak perlu banyak basa-basi lagi. Yuk, diintip saja resep Blueberry Jam Pound Cake ini. Here it is

Resep Blueberry Jam Pound Cake

Bahan:blueberry jam pound cake

125 gr margarin butter (campuran margarin dan butter)

100 gr gula pasir

Seujung sendok teh garam (opsional, tergantung tingkat keasinan margarin atau butter yang digunakan)

3 butir telur utuh

1 kuning telur

1/2 sdt vanilli bubuk

2 sdm susu bubuk

125 gr terigu serbaguna

Selai blueberry secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang berukuran 19 cm x 8 cm x 7 cm. Olesi seluruh permukaannya dengan margarin. Alasi alasnya dengan kertas roti, lalu oles kembali dengan margarin. Lapisi bagian pinggirnya dengan tepung. Sisihkan.
  1. Kocok margarin, butter, gula pasir, dan garam hingga mengembang (ringan dan berwarna pucat).

resep kue

  1. Masukkan telur satu per satu. Kocok hingga rata.

resep kue bolu

  1. Masukkan vanilli bubuk dan susu bubuk, kocok rata. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

cara membuat kue bolu

  1. Ambil sekitar 1-2 sdm adonan, beri 1 sdm selai blueberry atau secukupnya, lalu aduk rata. Sisihkan.
  2. Tuang 1/3 adonan putih ke dalam loyang, lalu beri selai blueberry secukupnya. Tuang kembali 1/3 adonan, beri selai blueberry kembali, dan tuangkan seluruh sisa adonan.

cara membuat pound cake

  1. Tuangkan adonan yang telah dicampur dengan selai blueberry, lalu buat motif dengan gerakan memutar menggunakan tusuk gigi.

resep kue bolu blueberry

  1. Panggang adonan dalam oven panas dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang. Agar tekstur kue yang dihasilkan lebih moist, simpan wadah berisi air panas pada saat memanggang adonan.

  1. Stelah kue matang, angkat, tiriskan sebentar, lalu lepaskan dari loyang. Dinginkan, lalu potong-potong.

kue bolu blueberry

  1. Resep untuk sekitar 8 potong.

Gimana, gampang banget kan bikinnya? Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat. Selamat mencoba. Happy Baking!

Advertisements

10 thoughts on “Blueberry Jam Pound Cake, Bolu Klasik Anti Gagal

  1. sudah lama ga bikin kue-kue beroven

    ~menanti GA oven hahah

    ini fotonya bagus ih!

    sip ah, semoga konsisten terus berbagi resep dan tulisan inspiratif lainnya ya.
    menulislah walau #1minggu1cerita !

    • berarti kalo kue-kue tanpa oven mah sering bikin, donk… boleh lah disetor ke downline-mu ini hasilnya hihi

      GA oven? maksudnya anil mau ngasih GA oven? widih, kece bgt deh 😉

      fotonya… alhamdulillah, lg belajar jeprat-jepret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s