Dadu Tidak Selalu Kubus

Apakah dadu itu? Kebanyakan dari Anda tentu mengatakan, benda kecil berbentuk kubus yang mempunyai 6 sisi, di mana setiap sisi bertuliskan angka dari 1-6 atau mata dadu yang berjumlah 1-6. Juga KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pun mencantumkan arti yang serupa untuk dadu:

da·dun1 kubus kecil bersisi enam (biasanya terbuat dr kayu, tulang, gading, atau plastik), pd keenam sisinya diberi bermata satu sampai enam yg diatur sedemikian rupa sehingga dua sisi yg saling berhadapan selalu berjumlah tujuh (digunakan dl permainan, berjudi, dsb); 2 benda berbentuk persegi empat yg mempunyai enam permukaan; kubus;

Padahal, dadu tidak selalu berbentuk kubus. Dengan kata lain, tidak semua dadu memiliki 6 sisi. Saya tidak mengatakan arti dadu dalam KBBI tersebut salah, lho. Benar, jika kita hanya melihat dari sisi umum kebanyakan dadu.

Akan tetapi, pada kenyataannya dadu memang tidak selalu berbentuk kubus. Saya lebih sepakat dengan arti dadu versi wikipedia:

Dadu (dari bahasa Latin: datum yang berarti “sesuatu yang diberikan atau dimainkan” [1] adalah sebuah objek kecil yang umumnya berbentuk kubus yang digunakan untuk menghasilkan angka atau simbol acak.

Di sana disebutkan “pada umumnya”, berarti ada juga bentuk-bentuk yang tidak umum atau jarang ditemui. Seperti apa saja sih variasi bentuk-bentuk dadu itu? Penasaran? Silakan klik Pages: 2 :-D.

2 thoughts on “Dadu Tidak Selalu Kubus

    • iya yah, bisa jg tuh… 😀 cuma yg susah bikinnya itu, dadu kan bentuknya hrs proporsional, jd pas dilempar tuh ga berat sebelah… 😕

Leave a comment